agen sabung ayam - judi sabung ayam - sabung ayam online

cara merawat anak ayam bangkok agar tulangan bagus

Cara Merawat Anak Ayam Bangkok yang Baru Menetas - Langkah menjaga anak ayam bangkok yang baru menetas sebetulnya tidak susah, namun perlu rutinitas serta info yang pas menjadi tips yang benar dan baik dalam menjaga anak ayam yang baru menetas. tidak cuma untuk ayam bangkok saja, ini berlaku dalam langkah menjaga anak ayam kampung yang baru menetas serta langkah menjaga anak ayam kate yang baru menetas.

Di bawah ini mengenai menjaga serta pelihara anak ayam bangkok sesudah menetas:

Cara Komplet Langkah Menjaga Anak Ayam Bangkok Langkah Menjaga Anak Ayam Bangkok Sesudah Menetas Sampai Usia 6 Bulan Turuti tips artikel ini Langkah Beternak Ayam Bangkok Ini Hasilkan Ayam Super. Tetapi pada dasarnya, pada perawatan anak ayam bangkok sampai tumbuh besar harus jadi target utama. Sebab ini kemungkinan bisa menjadi dasar bermutu tidaknya seekor ayam bangkok yang kita hasilkan.

Karena itu, pada umur 0 – 2 minggu ialah umur paling gawat untuk anak ayam, baik ayam bangkok, ayam kampung, atau ayam kate serta ayam yang lain, sebab belum punya bulu komplet membuat perlindungan serta menghangatkan badan dari dampak cuaca lingkungan.

Karena itu harus berhati-hati, di umur itu , anak ayam rawan terkena penyakit, di antara yang lain : berak kapur yang dapat mematikan ayam umur 1-10 hari serta penyakit pilek/snot/coryza yang tidak demikian mematikan tapi akan menghalangi perkembangan anak ayam. Hal seperti ini tentunya harus dijauhi. Sebab masuk umur gawat, karena itu langkah menjaga ayam bangkok anakan sebaiknya lebih intens, silahkan turuti mekanisme berikut ini :

  1. Pisahkan anak ayam bangkok dari induknya Panduan menjaga anak ayam kampung petama-tama ialah memisahkan anakan dari induknya. Dipisah selekasnya kemungkinan supaya anak ayam tidak teriak atau cuap-cuap menyebut induknya sebab belum merasakan dekat sama induknya. Bila dipisah sesudah umur 3 hari karena itu anak ayam kampung akan teriak/cuap-cuap menyebut induknya, ini dapat juga menghindarkan berlangsungnya stress pada anak ayam. Terkecuali bila cemas induknya tidak ingin mengerami telur yang masih ada, karena itu biarlah saja anak ayam itu bersama dengan induknya sampai semua telur telah ditetaskan, serta beri makanan pur di seputar anaknya supaya bisa makan serta cepat besar.

  2. Panduan membuat kandang anak ayam Untuk kandang anak ayam bangkok umur 0-2 minggu disarakan memakai kandang tertutup. Kandang tertutup dapat mencontoh pembesaran DOC anak ayam broiler atau DOC anak ayam kampung, yaitu, DOC tertutup terpal, lantai beralas kering, ditambah pemanasan dengan batu bara.

Dinding kandang anak ayam dapat juga ditutup dengan karung plastik, triplek atau apapun untuk sesaat. Alas kandang ditutup dengan kardus atau triplek supaya angin tidak masuk dari bawah. Kandang tertutup membuat perlindungan panas lampu yang dipakai supaya panas dari lampu tidak terbuang keluar serta percuma.

Setelah itu, pasang lampu bohlam 5 watt yang menyala 24 jam sepanjang 3 minggu, ukuran lampu harus semakin besar atau ditambah bila kandang lumayan luas. disediakan wadah minuman yang kecil yang digantung rendah supaya gampang diraih oleh anak ayam.

  1. Kandang Pilihan, Membuat Kandang Kardus Untuk Ayam Bangkok Kandang pilihan ini dapat jadi alasan dalam membuat kandang untuk ayam bangkok, yaitu dengan membuat kandang kardus. Umumnya kandang kardus ini dikerjakan untuk ayam kampung. Mengapa kandang kardus, sebab kandang dari kardus lebih lembut, tertutup, serta hangat.

Bagaimana Langkah Membuat Kandang Anak Ayam dari Kardus, triknya sisi atas kardus dibiarkan sedikit terbuka untuk sela udara. Pilih kardus yang cukup besar, 2x semakin besar dari kardus indomie untuk 8 ekor anak ayam. Kandang kardus itu dapat diletakkan dimanapun, serta dapat dibawa masuk ke rumah di ruang yang tidak terpakai.

Di kardus digantungkan cukup 1 lampu bohlam 5 watt yang tetap menyala 24 jam sepanjang 3 minggu, serta wadah air minum kecil yang digantung rendah sampai bisa diraih anak ayam. Kardus dikasih alas koran, yang tiap 2-3 hari sekali ditukar supaya masih bersih serta kering.

Bila cuma ada kardus indomie, bisa dipakai untuk 8 ekor anakan tapi cuma untuk beberapa waktu saja. Kemudian kardus indomie yang kecil itu jadi sesak, hingga harus dipindahkan ke kandang yang semakin besar.

  1. Pemberian pakan spesial anak ayam kampung murni pur 100% Pemberian pakan ayam anakan harus murni pur kering 100%. Pakan kombinasi dedak atau nasi selintas terlihat anakan kenyang, tembolok besar/penuh, tetapi kenyataannya tubuh akan lamban tumbuhnya serta ini justru tidak untung. Lebih baik makan sedikit dengan pur 100% dibanding makan kenyang dengan pur kombinasi. Pakan harus kering. Pakan basah dapat mengakibatkan anakan mudah terkena pilek (sebab hidung basah) serta mengakibatkan kandang jadi lembab hingga mengundang penyakit.

Pakan yang dipakai ialah pakan spesial untuk anak ayam DOC, yang berprotein 22-23 persen (dapat cargill, phokpan atau yang lain), yang perlu butirannya kecil-kecil. Jangan beri pur yang murah seperti pur ayam broiler waktu pengisolasian (waktu nantikan sebelum dipotong) sebab proteinnya benar-benar rendah, cuma seputar 15%. Pur diberi dengan meletakkan di lantai yang beralas koran atau kardus. Biarlah anak ayam makan langsung dari lantai, biarlah mereka suka berebutan makanan sekalian mengiaskan kakinya.

Janganlah lupa alas koran ditukar tiap 2-3 hari sekali supaya alas masih bersih untuk meletakkan pur. Sesudah lebih dari 1 minggu, pur bisa masih di simpan di lantai seandainya rajin mengubah alas sebab makin besar ayam semakin banyak kotoran beraknya, atau dapat memakai tempat makan spesial anak ayam yang digantung atau yang dibikin sendiri dari bambu atau kayu.

  1. Beri minuman ber-vitamin untuk Ayam Bangkok Minuman selalu harus ada di kandang anak ayam dalam wadah spesial yang dapat dibeli atau wadah dibikin sendiri. Wadah yang bagus tidak gampang tumpah serta tidak dapat diinjak (wadahnya digantung) oleh anak ayam supaya air masih bersih. Bila wadahnya bagus karena itu air cukup ditukar tiap 3 hari. Pada 3 hari pertama wadah air cukup simpan di lantai supaya gampang dicapai oleh anakan. Sesudah 3 hari serta anak ayam mampu berdiri tegak karena itu wadah dapat dinaikkan sedikit. Pendapat sich, vitaminnya lebih ke alami, jamu-jamuan, dan sebagainya yang diracik sendiri.

  2. Tetap memonitor perubahan serta kesehatan anak ayam Di langkah menjaga anak ayam bangkok, perubahan anak ayam kampung tetap diawasi. Anak ayam yang sehat umumnya badannya gemuk (dada serta perut gemuk), kaki besar serta telapak kaki tebal. Ayam yang kurus dapat dikarenakan oleh kurang nafsu makan atau terkena penyakit. Nafsu makan turun dapat diperbaiki dengan pemberian vitamin pada minuman.

Bila sakit, akan terlihat gejala-gejala salah satunya pilek, bersin, suara serak, murung, kurang gesit, menyendiri, kedinginan, sesak nafas, senang ngantuk, mata nutup, mata berair, atau permasalahan pencernaan seperti diare, berak encer, berak putih. Selekasnya berikan obat jika terlihat gejala-gejala sakit.

Serta jika dapat dipisah yang lain untuk menahan penyebaran. Jangan nantikan kelamaan sebab bisa membuat anak ayam cepat kurus, lamban perkembangannya, dan cepat menyebar ke anak ayam lainnya.

Bila sudah berusia 2 bulan,anak ayam harus di alihkan dalam kandang yang semakin besar,yaitu memiliki ukuran 2×2 mtr. dengan tinggi 60-70cm. Penyalaan lampu cuma pada justru hari saja, terkecuali jika cuaca benar-benar dingin.

Anakan ayam s/d usia 4 bulan harus terima mengonsumsi pangan yang imbang baik untuk protein, karbohidrat, mineral, vitamin, serta air. Anda dapat juga memberi jamu yang alami..Kandang umbaran untuk ayam yang berusia 4-6 bulan seharusnya memiliki ukuran 4×8 mtr..baiknya,kandang yang memiliki ukuran itu bisa memuat 10 ekor ayam.

Langkah Pelihara Anak Ayam Usia 1 Hari sampai 2 Bulan Di bawah ini beberapa hal yang dapat kita kerjakan untuk pelihara anak ayam usia 1 hari sampai 2 bulan. Lihat banyak hal langkah menjaga anak ayam bangkok di bawah ini :

Brooding (Pengeraman)

Langkah pelihara anak ayam bangkok s/d 1 hari – 2 bulan, bisa diasuh oleh induknya (dengan alami) atau mungkin dengan induk bikinan (artificial brooding). Perawatan dengan alami, seekor induk bisa pelihara anak-anaknya sendiri atau beberapa anak ayam lain induk.

Langkah Pengerjaan Pengeraman Bikinan untuk Anak Ayam Temperatur bisa ditata seperti berikut :Usia anak ayam 0 – 1 minggu dengan temperatur 93 – 95” F (37 derajat Celcius)

Usia anak ayam 1 – 2 minggu dengan temperatur 88 – 90” F (35 derajat Celcius)

Usia anak ayam 2 – 3 minggu dengan temperatur 83 – 85” F (33 derajat Celcius)

Usia anak ayam 3 – 4 minggu dengan temperatur 78 – 80” F (32 derajat Celcius)

Usia anak ayam 4 – 5 minggu dengan temperatur 75” F

Usia anak ayam 5 – 6 minggu dengan temperatur 70” F

Diupayakan dalam langkah menjaga anak ayam bangkok supaya ayam dalam kondisi suka dalam setiap waktu (tidak jemu). Jadi pemanas bisa berbentuk listrik, uap air panas gas. Biasanya digunakan satu kotak yang dikasih pemanasan lampu listrik 40 watt atau 60 watt atau 75 watt, bergantung dari kecil besarnya ruang brooder. Umumnya beberapa anak ayam bisa mengendalikan sendiri, jika kedinginan mereka akan bergabung di sekitar lampu, jika kepanasan mereka akan menebar serta terlihat megap-megap.

Kondisi panas yang sesuai dengan jika beberapa anak ayam itu rata di bawah lampu. Temperatur permulaan 95” F, selanjutnya setiap minggu di turunkan 5” F, sesudah 1 bulan lampu dimatikan. Jika dingin diperpanjang sampai usia 2 bulan, baru lampu dimatikan.

Kemampuan Brooder

Dikirakan setiap 1 m2 untuk 15 ekor, yang pada intinya anak ayam dapat menebar jika kepanasan.

Alas Brooder

Alas sampah (= Litter) ialah lantai yang dikasih serbuk kayu, sekam atau damen yang dicincang. Tinggi-litter permukaan cukup 10 cm yang nanti bisa sampai 15 cm. semakin dalam litter ini, tempat itu semakin kering. Litter ini jangan dirubah s/d anak ayam dipindahkan ketempat lain. Tapi tetap dilihat masih kering serta bebas dari jamur.

Ventilasi Brooder

Udara ialah penting, oleh karenanya penataan ventilasi harus cocok. Ventilasi membantu agar litter kering serta bisa menghindari amoniak serta CO 2. Diupayakan supaya angin tidak langsung, tempat harus tertutup agar tidak ada tikus yang masuk.

Pencahayaan Matahari

Untuk menghindari munculnya penyakit rachitis karena itu setiap dua hari sekali beberapa anak ayam dikeluarkan untuk memperoleh cahaya matahari pagi.

Perawatan

Lihat langkah menjaga anak ayam bangkok, adakah pertanda berpenyakit coccidiosis (minggu ke 4 – 6), sinyal pertanda bulu lusuh/kasar, sayap menggantung, kotoran berdarah. Beberapa anak ayam usia 6 minggu telah berbulu penuh serta tidak membutuhkan pemanasan pada siang hari.

Pada usia 4 – 6 minggu anak ayam mulai divaksinasi pada penyakit tetelo (N.C.D.) serta Diphtheria. Jika telah sukses dalam pelihara s/d 7 ½ bulan, setelah itu tingkatkan dalam babak kawanan (rearing).

Itu sich dengan panjang x lebar mengenai langkah menjaga anak ayam bangkok yang baru menetas, turuti artikel yang lain untuk tahu lebih detail mengenai ayam bangkok.(rst)

Boss Juga Bisa Kirim Via :

Telegram : +62812-2222-995
https://t.me/bolavita
Wechat : Bolavita
WA : +62812-2222-995
Line : cs_bolavita
Link Official Bolavita : http://159.89.197.59/

comments powered by Disqus