agen sabung ayam - judi sabung ayam - sabung ayam online

sabung ayam s128 kabupaten Enrekang

s128 agen - Cerita mengenai kerajaan Duri diambil dari Transkripsi Lontara Duri (Rampunan Kada) oleh Sukur Abdullah yang diedarkan pada tahun l986. Untuk memperoleh info mengenai beberapa perihal yang bersangkut paut mengenai asal mula satu komune atau satu etnis tersendiri, umumnya lewat info berbentuk ceritera turun temurun atau laporan riset beberapa pakar awal mulanya.

download s128 - Meskipun terdapat banyak gunung batu tetapi tanahnya subur untuk pertanian sayur –mayur. Cerita timbulnya arti Duri bisa diketemukan kisahnya dalam Lontara Duri. Satu saat pedagang dari kerajaan Bone dalam perjalannya ke arah tanah Luwu. Berkunjung di kerajaan Duri. Mereka dijamu dengan buah cena’ duri. Sebab buah itu begitu enak rasa-rasanya, mereka minta untuk dibawakan pada rajanya di Bone.

Semenjak era XIV, daerah ini dimaksud Massenrempulu’ yang berarti meminggir gunung atau telusur gunung, sedang panggilan Enrekang dari Endeg yang berarti Naik Dari atau Panjat serta dari sinilah asal awalnya panggilan Endekan.

s128 - Menurut riwayat, pada awalnya Kabupaten Enrekang adalah satu kerajaan besar yang bernama Malepong Bulan, lalu kerajaan ini berbentuk Manurung dengan satu federasi yang menyatukan 7 lokasi/kerajaan yang lebih diketahui dengan federasi ”Pitue Massenrempulu”, yakni:

Kerajaan Endekan yang di pimpin oleh Arung/Puang Endekan
Kerajaan Kassa yang di pimpin oleh Arung Kassa’
Kerajaan Batulappa’ yang di pimpin oleh Arung Batulappa’
Kerajaan Tallu Batu Papan (Duri) yang disebut kombinasi dari Buntu Batu, Malua, Alla’. Buntu Batu di pimpin oleh Arung/Puang Buntu Batu, Malua oleh Arung/Puang Malua, Alla’ oleh Arung Alla’
Kerajaan Maiwa yang di pimpin oleh Arung Maiwa
Kerajaan Letta’ yang di pimpin oleh Arung Letta’
Kerajaan Baringin (Baringeng) yang di pimpin oleh Arung Baringin

Pitu (7) Massenrempulu’ ini berlangsung kurang lebih dalam era ke XIV M. Tapi seputar pada era ke XVII M, Pitu (7) Massenrempulu’ beralih nama jadi Lima Massenrempulu’ sebab Kerajaan Baringin serta Kerajaan Letta’ tidak masuk ke federasi Massenrempulu’.

daftar s128 - Akibatnya karena politik Devide et Impera, Pemerintah Belanda lantas memecah daerah ini karenanya ada Surat Ketetapan dari Pemerintah Kerajaan Belanda (Korte Verkaling). Beberapa bentuk pemerintahan di lokasi Massenrempulu’ pada saat itu, yaitu Kerajaan Endekang. Ini berlangsung seputar 1905.
Beberapa bentuk pemerintahan di lokasi Massenrempulu’ pada saat itu, yaitu: kerajaan Enrekang.

comments powered by Disqus